Harap Tunggu

BINTEK INPUT DATA SIAPBANG, PELAPORAN TEPAT WAKTU, KETERBUKAAN INFORMASI AKURAT !

Selasa,26 Juli 2022

BREBES, Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Brebes melaksanakan Bimbingan Teknis Input Data aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pembangunan (SIAPbang) kepada para Admin seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Aula Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes pada Selasa, 26 Juli 2022. Maksud dan tujuan dilaksanakannya Bintek Input Data aplikasi SIAPbang adalah sebagai upaya pembinaan dan pengendalian agar pelaporan realisasi APBD Kabupaten Brebes bisa tepat waktu, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan masing-masing SKPD Tahun Anggaran 2022 dan upaya Percepatan input laporan Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran Tahun 2022 pada Aplikasi SIAPbang serta meningkatkan koordinasi antar Admin SKPD terkait dengan permasalahan serta upaya pemecahan masalah dalam pelaporan kegiatan. Peserta Bintek adalah 73 admin aplikasi SIAPbang dari Seluruh OPD, Kecamatan, BLUD, UPTD dan Kelurahan se Kabupaten Brebes serta Bagian di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Brebes. Bertindak sebagai Pemateri adalah Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Bagian Administrasi Pembangunan Andriyani, S.Sos, MM dan Muhamad Risqi, SE, dan Pejabat Fungsional Pranata Komputer Dhaniar Jauhari, S.Kom. SIAPbang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada stakeholder dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan di Kabupaten Brebes. Admin dari aplikasi ini adalah personel yang ditunjuk oleh masing-masing OPD se Kabupaten Brebes sebagai penginput laporan realisasi kegiatan di masing-masing instansi. aplikasi ini berbasis web dengan alamat url aplikasi ada di http://siapbang.brebeskab.go.id/. Informasi yang tersedia di Aplikasi SIAPbang bersifat terbuka untuk umum dan dapat dilihat atau dipantau oleh publik melalui Aplikasi SIAPbang! ini. Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Bagian Administrasi Pembangunan Andriyani, S.Sos menyampaikan bahwa peran Admin SIAPbang di setiap OPD sangat vital. Karena, data yang diinput di sistem sebagai tolok ukur pencapaian realisasi anggaran di setiap OPD dan menjadi salah satu sumber data dalam berbagai kepentingan dinas. Maka, para admin diimbau selalu melakukan koordinasi dengan Pejabat Penandatangan Kontrak (PPK) di masing-masing instansi agar selalu mendapatkan update data Pekerjaan yang terbaru. Diadakannya Bimbingan teknis secara rutin, diharapkan para admin dapat menyiasati dinamika perubahan pelaporan yang terjadi. Dengan demikian, gap antara realisasi fisik dan keuangan di lapangan dengan pelaporan bisa diminimalisir. Sehingga stakeholder maupun masyarakat umum yang mengakses SIAPbang mendapatkan informasi yang lebih akurat. (SA)


Penulis : Seno